World Down Syndrome Day

Sindrom Down. Tentunya kita sudah sering mendengar istilah Sindrom Down. Menurut pengertiannya, Sindrom Down adalah suatu kelainan genetik yang terjadi akibat kelainan pada kromosom 21 pada masa pertumbuhan janin di dalam rahim, sehingga total menjadi 47 buah kromosom dan biasa disebut Trisomi 21. Pada, umumnya manusia normal memiliki 23 pasang kromosom dengan jumlah 46 buah. Sindrom Down memiliki gejala yang beragam, dimulai dari gejala yang terlihat sederhana hingga muncul tanda khusus berupa keterbelakangan mental dengan tingkat IQ di bawah 70. Anak Sindrom Down memiliki bentuk wajah dan garis telapak tangan yang khas. Anak Sindrom Down terkadang memiliki penyakit lain yang menyertai, seperti penyakit jantung bawaan, pernafasan, dan mereka juga rentan terhadap penyakit infeksi lainnya. Hal ini dapat terjadi akibat rendahnya sistem imun yang dimiliki, sehingga Anak Sindrom Down perlu mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kondisinya.

Berbicara mengenai Down Syndrome, mungkin banyak yang belum mengetahui bila WHO telah menetapkan tanggal 21 Maret sebagai hari peringatan Down Syndrome sedunia.  Peringatan ini memang tidak mengherankan, mengingat para penyandang Down Syndrome merupakan kelompok masyarakat yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Meskipun mereka mengalami sindrom ini, mereka juga berhak mendapatkan kehidupan yang layak. Mereka juga mempunyai masa depan yang memotivasi mereka untuk tetap bertahan hidup.

Peringatan World Down Syndrome Day bertujuan agar para orang tua dengan anak Sindrom Down dapat saling mendukung, menguatkan dan memupuk semangat, sehingga anak-anak yang berkebutuhan khusus ini dapat berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui Anak Down Syndrome  memiliki beberapa masalah, seperti kognitif terhambat, otot rendah dan bertubuh kecil. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, mereka membutuhkan terapi yang intensif.

Stigma masyarakat mengenai keterbatasan Anak Sindrom Down seharusnya dibarengi dengan apresiasi kemampuannya. Bukan hanya kekurangan, Anak Sindrom Down juga memiliki kelebihan. Oleh karena lenturnya otot sendi dimiliki, mereka dapat dilatih untuk menari sehingga mendukung masa depan yang cerah dibalik keterbatasan yang dimiliki. Untuk itu orang tua dan juga pemerintah dapat memberikan dukungan yang dapat menunjang kehidupan mereka, sehingga anak dengan Sindrom Down dapat menginspirasi dunia Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pihak-pihak tersebut adalah dengan memperingati Down Syndrome Day. Selamat hari sindrom down sedunia, 21 Maret 2016.[FY]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *