Sekolah Binaan “Penyuluhan Jajanan Sehat Dan Pencegahan Diare”

1Departemen yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan atau sering disebut dengan “Sosmas” merupakan salah satu departemen dari Bem Fakultas Keperawatan Universitas syiah kuala dan telah sukses menyelenggarakan program kerja bulanannya yaitu sekolah binaan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang di adakan dalam rangka membina generasi-generasi muda untuk mengerti akan bahaya-bahaya lingkungan di era sekarang ini. Sehingga dalam hal ini, program sekolah binaan ini selalu siap siaga dalam menyiapkan berbagai materi yang berhubungan dengan kesehatan untuk menghadapi akan bahaya-bahaya yang mengancam anak-anak sekolahan sekarang ini. Dalam kegiatan sekolah binaan kali ini, departemen sosmas memberikan penyuluhan dalam bentuk pendidikan kesehatan mengenai jajanan sehat dan pencegahan diare.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu tepatnya pada 13 April 2016 dan  berlangsung sekitaran 2 jam yang di mulai pada pukul 10.00 WIB – selesai. Sasaran dalam kegiatan sekolah binaan kali ini merupakan siswa kelas 3 SDN Buengcala Kecamatan Kuta Baroe Kabupaten Aceh Besar. Dalam kegiatan ini, ada sekitaran 30 siswa yang hadir dan mengikuti kegiatan penyuluhan ini di Aula sekolah tersebut.  Untuk pendidikan kesehatan mengenai jajanan sehat dan pencegahan diare disampaikan oleh Rijal Maulana yang merupakan wakil ketua departemen dari Sosmas sendiri. Setelah selesai disampaikan pendidikan kesehatan, di lanjutkan dengan demonstrasi mengenai bagaimana cuci tangan yang bersih yang di ajarkan oleh rizki apriandini dan juga rizki noviyanti. Terlepas daripada itu, tidak terlupa juga departemen sosmas memberikan reward bagi yang telah aktif bertanya dan menjawab.

Partisipasi aktif dari peserta terlihat ketika penyampaian materi, mereka menyimak dengan seksama, memperhatikan dengan sebaik mungkin sehingga menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dan bahkan mereka sendiri mampu menanggapi pertanyaan yang di berikan oleh pemateri. Indikator keberhasilan terlihat jelas dari partisipasi peserta disini. Harapannya ke depan, acara ini terus berlanjut dengan segudang materi-materi yang bermanfaat bagi generasi muda terutama anak sekolahan seperti sekarang ini. (ZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *