Puluhan Mahasiswa Keperawatan Unsyiah akan “Gempar”-kan Lembah Seulawah

Banda Aceh – Ratusan Mahasiswa Baru Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) angkatan 2017 dan panitia dilepas oleh Wakil Rektor (WR) 3 bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC, untuk mengikuti kegiatan Gerakan Mahasiswa Keperawatan Peduli Masyarakat (GEMPAR) ke-5. Kamis, 19 Oktober 2017.

Kegiatan tahunan yang telah memasuki tahun kelima ini merupakan kegiatan akbar yang diselenggarakan oleh Faultas Keperawatan Unsyiah bagi mahasiswa baru demi menumbuhkan jiwa sosial. Tahun ini, kegiatan GEMPAR 5 diadakan di Desa Lamtamot Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dan akan berlangsung selama tiga hari, yakni pada tanggal 20-22 Oktober 2017.

Mengangkat tema “Meugrak: Mahasiswa Keperawatan Unsyiah Bergerak untuk Kesehatan yang Sejahtera”, peserta akan melaksankan beberapa kegiatan bersama masyarakat antara lain, penyuluhan tingkat SD dengan materi perawatan luka sederhana dengan P3K dan bullying serta demontrasi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K),  penyuluhan SMP dengan materi kebencanaan dan simulasi drill bencana, serta penuluhan SMA dengan materi bahaya narkotika dan pemutaran film bahaya narkotika.

Selanjutnya peserta juga akan melaksanakan penyuluhan ibu hamil dan balita, penyuluhan lansia, penyuluhan tuberculosis (TB), pengobatan massal, home visit, dan beberapa perlombaan seperti lomba bayi sehat dan pemberian makan tambahan pada balita, lomba rumah bersih dan sehat, serta lomba adzan dan tahfiz jus amma.

Dalam sesi pelepasan, acara diisi dengan sambutan oleh Ridha Firdaus selaku ketua panitia, Rijalul Fakhri selaku ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKep serta sambutan dari Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah sekaligus melepas peserta dan panitia. Selanjutnya, dalam acara pelepasan ini, diisi juga oleh hiburan seperti paduan suara oleh Mahasiswa Baru Fkep angkatan 2017.

Rijalul Fakhri selaku Ketua BEM FKep Unsyiah berharap peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah pada masyarakat.

“Saya berharapan agar apa yg telah didapatkan di fakultas bisa diimplementasikan ke masyarakat. diharapkan juga seluruh peserta dan panitia mengikuti kegiatan dengan sugguh-sungguh karena ini adalah pengalaman yang berharga yang kita dapatkan di bangku kuliah,” ucapnya ketika memberi sambutan pada peserta

Dalam sambutannya, Alfiansya selaku Wakil Rektor 3 Unsyiah berpesan agar seluruh peserta dan panitia agar menjaga sikap ketika berada di tengah masyarakat.

“Masyarakat ketika mahasiswa Unsyiah turun di tengah mereka, mereka ingin melihat bagaimana perlaku, tindakan, dan sikap pada mereka, apalagi Unsyiah merupakan Kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh,” ucapnya.

Alfiansyah juga menambahkan bahwa mahasiswa akan mendapat banyak pelajaran ketika terjun lagsung ke masyarakat.

“Ketika kita ke desa, kita bukan hanya memberi materi pada mereka, tapi kita akan bisa belajar banyak dari mereka,” tambahnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *