3 Juni 2017

Departemen BEM FKep Unsyiah 2018-2019

Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)

Departemen PSDM merupakan departemen yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa seperti dengan adanya biro olahraga, biro Internasional dan biro seni yang ditargetkan agar dapat maju pada tingkat internal hingga eksternal kampus. tidak hanya itu PSDM juga berfungsi sebagai wadah pengembangan softskill mahasiswa dengan adanya upgrading, magang, dan Latihan Kepemimpinan Manajerial Mahasiswa (LKMM). tidak hanya itu departemen ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dengan alumni FKEP Unsyiah.

 

Departemen Pemberdayaan Perempuan (PUAN)

Departemen PUAN merupakan Departemen yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas perempuan. Departemen ini dibentuk dengan tujuan untuk memberikan wadah bagi perempuan dalam menyalurkan bakat yang dimiliki, serta meningkatkan kemampuan perempuan untuk saling bekerja dan bersanding dengan orang lain dari berbagai kalangan. Departemen PUAN juga menjalin kerjasama dengan lembaga Internal maupun Eksternal guna untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam berbagai kegiatan.

 

Departemen Administrasi dan Kesekretariatan (ADMK)

Sebuah departemen yang dibentuk untuk mengatur arus administrasi BEM, menjaga kekondusifan ruang kesekretariatan BEM dari segi kerapian & kebersihan, mengarsip seluruh dokumentasi BEM secara umum yang meliputi pengarsipan terhadap logistik (inventaris) dan surat menyurat.

 

Departemen Informasi Dan Komunikasi (INFOKOM)

Departemen Informasi Dan Komunikasi adalah departemen yang mengelola sistem informasi, komunikasi dan publikasi antara Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas UNSYIAH dengan publik kampus dan lembaga formal kampus. beberapa project yang akan dicapai pada departemen ini adalah Birthday card, Press rilis project, Poster mingguan, Information and communication update (ICU), Mading, dan Publication Training (pelatihan desain grafis, Movie editing, jurnalistik).

 

Departemen Pendidikan

departemen ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan akademik seluruh mahasiswa Fkep dengan membuat kelompok belajar, seminar-seminar, serta program lain yang mendukung mahasiswa dalam bidang akademik. beberapa rancangan program yang akan diselenggarakan seperti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES), PKM, Pelatihan BLS, dll.

 

Departemen Kajian Stategi dan Advokasi (KASTRAD)

Departemen kastrad (kajian strategi dan advokasi) adalah salah satu departemen di BEM fakultas keperawatan yang menampung aspirasi dan hak-hak mahasiswa kepada pemangku kebijakan dan melakukan pengadvokasian terhadap permasalahan-permasalahan mahasiswa fakultas keperawatan Unsyiah terkait bidang akademik dan isu-isu kemahasiswaan lainnya. Selain itu departemen kastrad juga melakukan berbagai kegiatan aksi hari kesehatan bekerja sama dengan BEM profesi medis lainnya. Dalam menjalankan perannya, Departemen kajian strategi dan advokasi memerlukan kemampuan negosiasi dan penyampaian dalam menyampaikan aspirasinya serta kemampuan dalam bidang desain grafis.

 

Departemen Economic Development (ED)

Departemen ED merupakan departemen yang menunjang kegiatan mahasiswa dalam berwirausaha. Departemen ED dijadikan sebagai sumber pengetahuan sekaligus media pembelajaran bagi mahasiswa fakultas keperawatan yang ingin mengembangkan jiwa kewirausahaan dengan menyediakan fasilitas berupa sarana ataupun program kerja seperti : program kerja Sell all (Seall) yang dijadikan tempat menjual berbagai produk dan memudahkan mahasiswa dalam perkuliahan. Dimana keuntungan yang diperoleh dari program kerja departemen ED dijadikan sebagai salah satu sumber pendanaan internal BEM Fkep.

 

Departemen Sosial Masyarakat (SOSMAS)

Departemen yang berfungsi menimbulkan jiwa pengabdian terhadap seluruh masyarakat dan mahasiswa Fkep khususnya. Dengan berbagai program kerja yang dirancang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh mahasiswa untuk mengabdi dan bergerak untuk memperbaiki status sosial masyarakat. Beberapa Programnya seperti Desa Binaan, Sekolah Binaan, Nursing Charity, DORAMA (Donor Darah Masal), ROMANSA (Ramadhan Berkah di Desa), dll

 

Departemen Hubungan Antar Lembaga (HUAL)

Departermen HUAL merupakan salah satu departemen yang bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dan upaya pendekatan dengan seluruh organisasi mahasiswa baik internal maupun eksternal serta menjalin kerja sama lembaga/instansi  di luar kampus baik seprofesi , pemerintah dan komersil sehingga kedepannya dapat menjalin suatu relasi yang harmonis. beberapa program HUAL Tahun ini diantaranya Silaturrahmi instansi keperawatan, Public relation, Delegation training, dll