PAKARMARU FAKULTAS KEPERAWATAN UNSYIAH 2018

Banda Aceh 2018 – Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan sebuah kegiatan Pembinaan Akademik Dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU) pada tanggal 30 – 31 Agustus 2018 di Aula Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Kegiatan ini merupakan agenda rutin Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang diadakan setiap tahunnya dan tahun ini merupakan tahun kelima terselenggaranya kegiatan pakarmaru ini. Pakarmaru tahun ini mengambil tema “Cath Your Dream Start With Nursing“ dan mengundang narasumber-narasumber profesional di bidangnya pada setiap sesi. Sebanyak 142 mahasiswa baru mengikuti pakarmaru tingkat fakultas yang diadakan selama 2 hari ini.
Pakarmaru merupakan kegiatan untuk mempersiapkan karakter mahasiswa agar siap memasuki dunia perkuliahan. Tujuan dari pakarmaru ini adalah untuk memperkenalkan sistem perkuliahan dan sistem pembelajaran yang diterapkan di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Tidak hanya sekedar pengenalan kampus, orientasi ini pun berkembang menjadi sebuah pendidikan karakter bagi mahasiswa baru dalam masa perkuliahannya guna memperluas potensi diri, jadi disamping mengenal kampus mereka sendiri, mahasiswa diarahkan dan dituntut menjadi orang yang berkarakter sopan, santun dan beretika .
Kegiatan Pakarmaru dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia pakarmaru, dilanjutkan sambutan dari ketua BEM dan diakhiri sambutan dari Dekan Fakultas Keperawatan Dr. Hajjul Kamil,S.Kp,.M.Kep sekaligus membuka acara secara resmi yang ditandai dengan pemukulan rapai serta penyematan badgename kepada 2 mahasiswa baru.
Selama kegiatan berlangsung, antusiasme yang besar dari mahasiswa baru dapat dilihat ketika banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi pemberian materi oleh narasumber. Para mahasiswa baru berlomba-lomba untuk mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan pada sesi evaluasi. Tidak hanya pada satu sesi, tapi pada semua sesi tampak keaktifan dan semangat yang luar biasa dari para mahasiswa baru ini.
Namun ada hal yang tidak biasa di fakultas keperawatan unsyiah dalam melakukan orientasi dan pendidikan karakter, yaitu disamping memberikan pendidikan karakter dan akademik serta pengenalan kampus, sesuai dengan konsep yang diusung yaitu “nursing leadership”, pakarmaru fakultas keperawatan kali ini juga mengajarkan kepada mahasiswa baru untuk menjadi pemimpin, jadi mahasiswa diarahkan untuk menjadi perawat-perawat yang berjiwa pemimpin, ini mengajarkan mahasiswa bahwa tujuan dari melanjutkan pendidikan bukan hanya untk mencari lowongan pekerjaan tapi juga harus mampu membuka lowongan pekerjaan, perawat lebih utamanya. Oleh karena itu pengetahuan mengenai leadership penting untuk dipahami oleh mahasiswa terutama mahasiswa baru tersebut. (MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *