Pakarmaru 3rd Fkep Unsyiah Tahun 2016

img_6900

Pakarmaru yang pada awalnya disebut dengan Kidney merupakan program lanjutan untuk membentuk karakter mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang mengetahui cara beretika yang benar dan juga mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai sistem perkuliahan dan pembelajaran yang ada di Fakultas Keperawatan. Pada awalnya, program pakarmaru ini untuk fakultas keperawatan disebut dengan kidney yang memiliki kepanjangan “Key Introductory Days for Future Nurse from Educated Youth”. Kidney sendiri merupakan sebuah kata yang berarti ginjal dimana ginjal itu sendiri memiliki fungsi sebagai penyaringan. Maka dalam hal ini, tujuan di adakannya kidney adalah untuk menyaring mahasiswa-mahasiswa baru sekaligus membentuk karakter mereka menjadi calon-calon perawat professional masa depan.

Tepat di tahun 2016, berdasarkan hasil keputusan dari rapat wakil dekan III bidang kemahasiswaan dan alumni fakultas keperawatan dengan rektorat maka terjadilah perubahan yang sebelumnya kidney menjadi Pakarmaru. Pakarmaru adalah program pembinaan akademik dan karakter mahasiswa baru. Acara ini langsung di koordinir oleh dekan fakultas masing-masing yang dalam hal ini adalah dekan fakultas keperawatan dan langsung di ketuai oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni sebagai ketua dan penanggung jawab dari keseluruhan acara. Tujuan di adakan acara ini adalah untuk menghindari terjadinya Ospek dan bullying pada mahasiswa baru.

Terkait dengan pakarmaru fakultas keperawatan, maka pada tahun ini fakultas keperawatan mengadakan acara pakarmaru selama 2 hari yang di mulai dari tanggal 1 dan 2 september 2016. Dengan mengangkat tema “Increase Knowledge, Creativity and be Ready to Compete in Word Level”. Pembukaan acara yang langsung di buka oleh dekan fakultas keperawatan pada hari kamis tanggal 1 september bertempat di lapangan basket fakultas keperawatan unsyiah. Setelah selesai acara pembukaan maka selanjutnya para mahasiswa baru di bawa menuju Aula fakultas keperawatan di karena rangkaian acara yang telah disusun memang areanya adalah dalam ruangan. Pada hari keduanya, sebelum masuk ke dalam materi, mahasiswa terlebih dahulu melakukan senam bersama-sama termasuk dengan panitianya. Setelah dari itu, mulailah acara tour the fkep yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa keperawatan akan ruangan-ruangan yang akan di gunakan pada waktu perkuliahan berlangsung nanti di mulai dari ruang akademik, ruang dekanat, ruang tutorial, laboratorium, perpustakaan dan semua ruangan lainnya yang nantinya akan di butuhkan oleh mahasiswa setiap harinya selama dalam proses perkuliahan berlangsung.

Acara berjalan dengan sangat lancar dan sesuai dengan perencanaan dimana materi-materi yang di sampaikan sangat berguna dan bermanfaat bagi mahasiswa baru terkhususnya yang belum mengenali akan fakultas keperawatan itu sendiri.  selain dari itu, kesuksesan acara pakarmaru 2016 ini juga tidak terlepas dari kerja keras panitia dan koordinasi kerja setiap harinya antara panitia dengan pihak wakil dekan III Fakultas Keperawatan unsyiah. Begitu banyak materi yang di sampaikan, mulai dari pengenalan fakultas keperawatan dari sebelum di bangun hingga menjadi sebuah di prodi dibawah fakultas kedokteran sampai dengan sekarang sudah berdiri kokoh sebagai sebuah fakultas. Di lanjutkan dengan materi-materi pengenalan sistem perkuliahan sampai dengan tata krama dan etika berbicara atau menghubungi dosen juga di selipkan sebagai materi di dalamnya. Dan mahasiswa baru yang mengikuti pakarmaru juga di fasilitasi untuk mendapatkan sebuah materi berjudul “I Love Nursing”. Dimana materi ini bertujuan membangkitkan motivasi para mahasiswa untuk lebih cinta akan profesi yang akan dijalaninya ke depan. Menarik bukan?

Banyak kesan dan pesan dari mahasiswa terkait acara pakarmaru 2016 ini dari mulai acaranya yang menyenangkan, jauh dari kata ospek dan bullying bahkan tidak ada unsur intimidasi ataupun diskriminasi di dalamnya. Mahasiswa mendapatkan ilmu mengenai mekanisme perkuliahan di fakultas keperawatan yang tentunya berbeda dengan fakultas-fakultas yang lain bahkan banyak dari mereka mengatakan bahwa acara ini benar-benar sangat bermanfaat. Harapan ke depannya semoga materi-materinya dapat di perbarui lagi dan menjadikan acara ini sebagai acara yang di tunggu-tunggu oleh mahasiswa baru dan yang pastinya dengan selalu mempertahankan slogan fakultas keperawatan yaitu “Ospek Bukan Gaya Fakultas Kami”. We are Future Nurse and Proud to be Professional Nurse. (ZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *