Lobi,Negosiasi dan Aksi Dalam Sekolah Kastrad 2 BEM FKep Unsyiah

Banda Aceh 2017 – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan kegiatan  “ Sekolah Kastrad ” pada 24 November 2017 , pukul 14.00 bertempat di Aula Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala . Tema yang diusung pada Sekolah Kastrad kali ini adalah  “Lobi,Negosiasi dan Aksi “ dan mengundang Syakir Daulay  sebagai pemateri pada kegiatan kali ini . Sekolah Kastrad merupakan satu program kerja unggulan yang diusung oleh  Departemen Kajian Strategi dan Advokasi (KASTRAD).  Dan ini merupakan kali kedua diadakannya Sekolah Kastrad sepanjang tahun 2017 . Tujuan diadakannya Sekolah Kastrad ini adalah agar Mahasiswa  mampu menganalisi masalah – masalah yang dihadapi  dengan ilmu yang diberikan  dalam materi  pada Sekolah Kastrad . Baik bagaimana cara memanajemen isu maupun cara melakukan lobi,negosiasi dan aksi dengan tahap-tahap  yang telah dipelajari dalam Sekolah Kastrad .

Tema yang diusung pada Sekolah Kastrad kali ini berkaitan erat dengan permasalahan-permasalahan yang sedang terjadi di sekitar mahasiswa . Pada dasarnya , aksi yang dilakukan mahasiswa harus memiliki tahapan-tahapan yang seharusnya . Lobi dan negosiasi masalah kepada pemerintah merupakan salah satu syarat untuk dilakukannya aksi . Aksi dapat dilakukan jika lobi/negosisasi tersebut tidak berhasil .

Sekolah Kastrad  diikuti kurang lebih 48 peserta didominasi dari peserta dari Universitas lain . Pemaparan materi yang diberikan oleh Syakir Daulay  dalam sekolah kastrad kali ini membahas tentang bagaimana cara mahasiswa melakukan lobi dan negosiasi terhadap pemerintah sebelum dilakukannya aksi .  Setelah pemaparan. Materi , peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi terkait dengan materi yang diberikan . Di sesi terakhir , pemateri memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan simulasi terkait lobi,negosiasi dan aksi .  Antusiasme yang luar biasa tampak dari peserta baik sepanjang berlangsungnya kegiatan ini . Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat oleh Ketua BEM Fkep Unsyiah M.Rijalul Fakhri kepada pemateri .

“ Sekolah Kastrad merupakan salah satu program Kerja dari departemen kastrad , kegiatan ini diadakan 2 kali dalam setahun dan mengusung tema yang berbeda setiap kegiatannya  . Tujuan diadakannya sekolah kastrad kali ini agar mahasiswa mampu menganalisi permasalahan disekitarnya , dan mampu melakukan tahapan-tahapan baik lobi maupun negosiasi sebelum melakukan aksi“  ungkap Faradiba selaku panitia pada kegiatan sekolah Kastrad 2 kali ini.[SS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *