Latih Kepemimpinan dan Manajerial Sejak Dini

Capture

Sabtu, 16 April 2016 Departemen PSDM (Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa) di bawah tanggung jawab BEM Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala mengadakan acara Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Mahasiswa yang disingkat LKMM. Sesuai dengan tema yakni  “Membentuk Insan Kreatif, Solutif dan Independen”, acara ini bertujuan untuk menempah mahasiswa Fakultas Keperawatan menjadi sosok pemimpin yang hebat bagi diri sendiri dan juga kompeten di bidangnya nanti.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini di buka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ns. Cut Husna, MNS. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan bahwa mahasiswa adalah penggerak, oleh karena itu mahasiswa harus aktif dan punya cukup bekal. Kuliah tidak melulu tentang IPK di atas rata-rata, ikut organisasi juga tak kalah penting dan banyak pengalaman yang kita dapatkan. Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang), lanjut beliau.

Setelah pembukaan rangkaian acara selanjutnya adalah pemberian materi yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Materi pertama membahas masalah “Administrasi, Kesekretariatan dan Keuangan” yang disampaikan oleh Roma Itonah Siregar, bendahara umum Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Hal yang paling ditegaskan beliau dalam materinya adalah bahwa pemimpin harus punya kecakapan, dan mampu memengaruhi orang-orang untuk bersama-sama melakukan aktivitas. Beliau juga menjabarkan cara membuat proposal kegiatan dan laporan keuangan. Diakhir materi beliau membagi peserta menjadi 4 kelompok dan meminta masing-masing kelompok melakukan simulasi membuat proposal kegiatan serta laporan keuangan. Kemudian tiap-tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil simulasi mereka. Materi pertama selesai pada pukul 10.20 WIB dan dilanjutkan ke materi kedua.

Materi kedua disampaikan oleh Ns. Eka Kurnia Sari lulusan program studi ners dari Fakultas Keperawatan Unsyiah sendiri dengan judul “Pengembangan Program Kerja”. Setelah mendengarkan penjabaran dari materi di atas masing-masing peserta diminta untuk membuat satu program kerja dan menganalisanya menggunakan metode SWOT. Materi selesai pada pukul 12.00 WIB, peserta dipersilahkan untuk ishoma dan kembali lagi ke ruangan pada pukul 14.00 WIB.

Materi ketiga disampaikan oleh M. Rizki Ramadana yang membahas tentang “Rencana (bukan) Bencana” dan dilanjutkan oleh pemateri keempat Faisal Qasim, S.H dengan judul materi “Organisasi dan Temawork”. Acara hari pertama berakhir pada pukul 6 sore.

Acara dilanjutkan keesokan harinya Minggu, 17 April 2016 pukul 10.00 WIB dengan membawa peserta outbound di halaman Fakultas Keperawatan Unsyiah. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok membahas isu-isu terhangat di Aceh dan cara penyelesaiannya. Acara selesai pukul 14.30 WIB diakhiri dengan laporan ketua panitia dan wakil ketua BEM. [MSF]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *