Home Visit dalam Kegiatan Desa Binaan yang Diadakan di Desa Lambaro Sukon.

Banda Aceh 2018 – Departemen Sosmas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala mengadakan kegiatan lanjutan untuk Desa Binaan. Kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan Desa Binaan kali ini adalah Home Visit ke beberapa rumah warga di Desa Lambaro Sukon. Kegiatan ini berlangsung di Desa Lambaro Sukon pada hari Sabtu 12 Mei, sejak pukul 07.00-11.30 WIB.
Desa Binaan merupakan salah satu proker dari Departemen Sosmas dan merupakan kegiatan unggulan BEM Fkep Unsyiah. Selain sebagai agenda wajib bulanan, pelaksanaan Desa Binaan kali ini sekaligus untuk memperingati IND (International Nurses Day), juga agar lebih dekat dengan warga desa dan melakukan interaksi secara langsung dengan mereka. Tema yang diangkat dalam IND tahun ini adalah “Nurses A Voice To Lead – Health Is A Human Right”.
Kegiatan Home Visit yang dilakukan pada Desa Binaan kemarin berupa pengecekan tanda-tanda vital. Selain melakukan pengecekan tanda-tanda vital, mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang bergabung dalam kegiatan tersebut juga memberikan pendidikan kesehatan mengenai penyakit yang diderita warganya. Dari hasil pemeriksaan kebanyakan warga mengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi.
Panitia yang tergabung dalam kegiatan tersebut terbagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari tiga orang di setiap kelompoknya. Satu kelompok mendapat jatah 4 rumah yang harus dikunjungi, karena target Home Visit kali ini adalah 40 rumah.
Hanifa Asmawita selaku panitia pada menyampaikan pendapatnya “Alhamdulillah saya senang, dan teman-teman dari Sosmas juga. Yang ikut Home Visit banyak, jadi target kita terpenuhi, masyarakat responnya juga bagus ke kita.” Hanifa juga menambahkan bahwasannya untuk sekarang kegiatan ini merupakan kegiatan Home Visit terakhir untuk Desa Binaan. “Nanti untuk Desa Binaan selanjutnya kami buat kegiatan yang berbeda lagi,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *