GEMPAR III

GEMPAR (Gerakan Mahasiswa Keperawatan Peduli Masyarakat) untuk ketiga kalinya diselenggarakan di Desa Mureu Baro Mureu Bung U Kabupaten Aceh Besar. Acara yang bertemakan METUAAH (meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui aksisosial mahasiswa Keperawatan Unsyiah) ini dilaksanakan pada tanggal 5-7 November 2015 dan dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Besar pada acara Opening ceremony.

Acara inti dari rangkaian kegiatan bakti sosial GEMPAR ini berfokus pada acara Pengobatan Massal dan Home Visit dimana peran perawat harus benar-benar tampak jelas di masyarakat. Begitupun saat mengadakan Lomba Masak yang berfokus pada peran perawat mengajak masyarakat untuk menerapkan asupan gizi seimbang melalui menu sehat. Peran perawat sebagai konselor atau pendidik juga terlihat di acara Penyuluhan SD, SMP, ibu hamil dan lansia. Materi yang dibagikan pada murid SMP antara lain tentang bahaya NAPZA, bahaya merokok, dan teknik Pemeriksaan Payudara Sendiri khusus untuk siswi. Materi bullying ditambahkan dalam penyuluhan tersebut karena dianggap sedang menjadi issue masalah khususnya pada remaja yang terjadi di aceh.

Respon masyarakat di kedua desa tersebut terbilang cukup baik. Hal ini terlihat ketika jumlah lansia yang mencapai 30 orang ikut berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan khusus lansia. Geuchik, bidan desa dan kader juga menanggapi niat baik kegiatan ini dengan ikut terlibat di beberapa kegiatan. Apresiasi yang baik juga didapat dari Wakil Bupati Aceh Besar dan pihak Dinas Kesehatannya. Kondisi geografis yang menyebar di kabupaten ini menyulitkan pemerintah untuk menjangkau daerah-daerah terpencil.

Sinyal positif yang dilontarkan langsung dari Pemerintah Aceh besar membuat seluruh peserta dan panitia yang berjumlah 167 orang tersebut kian bangga atas keberhasilan acara ini. Pihak Fakultas Keperawatan dan Pemerintah Aceh besar berencana menjalin kerjasama yang baik agar acara serupa dapat dilakukan di daeran lain yang masih berada di wilayah Kabupaten Aceh Besar. (DP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *