Evaluasi Pengetahuan Anak tentang Kesehatan

Banda Aceh-Sekolah binaan merupakan proker rutin yang dilakukan oleh Departemen SOSMAS Badan Eksekutif Mahasiswa Fkep Unsyiah (BEM FKEP UNSYIAH). Kegiatan tersebut diadakan di SD Bueng Cala Kota Baro dan diikuti oleh perawat dan dokter cilik.

Kegitan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 08 April 2017, bertempatan di SDN Bueng Cala Kota Baro yang diikuti oleh 10 anak. Anak-anak akan dilakukan evaluasi guna mengetahui pengetahuan anak tentang kesehatan. Kegiatan dimulai dengan pengulangan materi terlebih dahulu sehingga anak lebih mengingat materi yang akan dievaluasikan. Materi yang dievaluasikan adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), perawatan luka, dan mobilisasi. Selanjutnya anak-anak akan melakukan OSPE dengan 3 pos berbeda, setiap pos anak-anak melakukan evaluasi selama 5 menit. Pos pertama dimulai dengan moblisasi yaitu bagaimana cara mengangkat pasien yang pingsan, pos kedua yaitu bagaimana cara membersihkan luka dan mengobati luka, dan pos terakhir yaitu bagaimana cara mencuci tangan dengan bersih dan benar.

Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini terlihat begitu antusias dan melakukan OSPE dengan sangat baik. Terbukti dengan nilai-nilai mereka yang cukup memuaskan. Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah kepada 3 anak yang memiliki nilai tertinggi. Harapannya adalah dengan adanya kegiatan ini makin banyak anak-anak dapat memberikan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini sehingga dapat membentuk kebiasaan yang positif dan dapat meningkatkan derajat kesehatan untuk anak. (PNA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *