Donor Darah Massal oleh BEM FKep dalam Memperingati Hari Kesehatan Nasional.

Banda Aceh 2018 – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unsyiah bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) menyelenggarakan kegiatan Donor Darah Massal (DORAMA) pada Selasa, 12 November 2018 di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.000 WIB . Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja unggulan yang diusung Departemen Sosmas BEM FKep Unsyiah dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional pada tanggal 12 November dan DORAMA kali ini adalah yang kedua kalinya diadakan sepanjang tahun 2018. Tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu “Setetes Darah Sejuta Kehidupan ”. Tujuan pelaksanaan kegiatan DORAMA ini adalah untuk membantu meningkatkan persediaan kantung darah dan trombosit di Instalasi Donor Darah RSUDZA . Kolaborasi antara BEM Fakultas Keperawatan dengan RSUDZA ini dikarenakan tingginya permintaan tranfusi darah di Rumah Sakit ini , seperti yang kita tahu selain merupakan salah satu rumah sakit terbesar di Aceh , RSUDZA juga memiliki banyak pasien dengan beragam penyakit sehingga permintaan terhadap tranfusi darah pun meningkat. .
Alur donor darah yang harus dilalui pendonor sebelum melakukan donor antara antara lain mengisi Form Pendaftaran , pengukuran tekanan darah , penngecekan Hb , dan dikaji terkait adanya penggunaan obat atau alergi tertentu . Jika semua prosedur telah dilalui dan dinyatakan sehat , maka pendonor baru bisa mendonorkan darahnya. Petugas yang melakukan donor darah merupakan para Dokter dan Perawat RSUDZA, sedangkan panitia pelaksana bertugas sebagai fasilitator untuk memfasilitasi dan membantu administrasi serta pendaftaran bagi para pendonor. Sebanyak 40 Partisipan pun ikut melakukan donor darah dalam kegiatan ini , walaupun hanya 32 partisipan yang dapat diambil darahnya .
Tidak hanya memberikan fasilitas yang nyaman , pendonor pada kegiatan DORAMA kali ini pun disuguhi kue , air mineral dan sekotak susu . Tak lupa pula , souvenir berupa gantungan kunci diberikan sebagai ucapan terimakasih kepada para pendonor yang sudah mendonorkan darahnya .
“Semoga dengan terkumpulnya 32 kantung darah ini semoga dapat membantu pasien-pasien yang memerlukan tranfusi darah yang urgent dan memberikan manfaat baik kepada pendonor maupun yang menerimanya “ Ungkap Lisana Azkia selaku Panitia pada kegiatan DORAMA II kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *