Dies Natalis Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala KE-4

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Keperawatan yang ke 4.  Rangkaian acara tersebut sudah dimulai sejak 14 Oktober 2017. Berbagai macam acara yang dilaksanakan untuk pra Dies sangat bervariasi, salah satunya adalah Hijab Fashion Year. Acara yang dilaksanakan pada Sabtu, 14 Oktober 2017 ini merupakan acara pembuka yang menyemarakkan Dies Natalis Fkep Unsyiah. Hijab Fashion Year tahun ini mengambil tema “Batik’s All The Way” untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kepada budaya sendiri. Acara ini diikuti oleh 7 peserta dari berbagai Fakultas yang ada di Unsyiah dan juga melibatkan peserta dari instansi lain yakni UIN Ar-Raniry.

Setelah Hijab Fashion Year, keesokan harinya Fakultas Keperawatan kembali mengadakan acara untuk memeriahkan pra Dies Natalis yakni Sekolah Kegawatdaruratan. Kegiatan ini dimulai pada Minggu, 15 Oktober 2019 dengan melibatkan siswa-siswi SMA se- Banda Aceh dan Aceh Besar. Materi yang diberikan berisi tentang penanganan kegawatdaruratan. Peserta tampak sangat antusias dan mengikuti proses berjalannya acara dari awal hingga akhir.

Tak berhenti sampai disini, setelah dua rangkaian diatas Fakultas Keperawatan kembali menggelar acara pra Dies yang termasuk unggulan dari Fakultas Keperawtaan Unsyiah yaitu GEMPAR. GEMPAR (Gerakan Mahasiswa Fakultas Keperawatan Peduli Masyarakat) merupakan aksi sosial yang rutin dibuat oleh Fakultas Keperawatan setiap tahunnya. GEMPAR kali ini mengambil lokasi pengabdian di Desan Lamtamot Aceh Besar selama empat hari lamanya. Mulai dari Kamis, 19 Oktober hingga Minngu, 22 Oktober 2017. Ada banyak sub acara yang dilaksanakan dalam GEMPAR salah satu unggulannya adalah pengobatan massal, home visit, penyuluhan SD, SMP, SMA, ibu hamil dan menyusui, lansia, TB paru dan masih banyak lagi.

Rangkaian acara untuk memeriahkan pra dies selanjutnya adalah cooking family. Cooking family ini adalah lomba memasak yang melibatkan dosen wali beserta mahasiswa bimbingannya dan seluruh staff  Fakultas Keperawatan. Acara ini bertujuan untuk mempererat silaturrahm dan hubungan antara dosen, mahasiswa dan juga staff yang ada di Fakultas Keperawatan. Acara yang dilaksanakan pada Jumat, 27 Oktober ini diikuti oleh 7 tim dan berlangsung sangat meriah dan begitu terasa persaudaraannya.

Acara berikutnya adalah seminar kesehatan jiwa yang mengambil tempat di SDN Bung Cala dengan tema “Mengenali Pedofil”. Sasaran dari seminar kesehatan jiwa ini adalah wali murid dari siswa-siswi SDN Bung Cala. SDN Bung Cala sendiri merupakan SD binaan dari  Fakultas Keperawatan. Fakultas Keperawatan rutin membuat acara dan membina para siswa di SDN Bung Cala. Salah satu bentuk dari pembinaannya adalah dengan melakukan seminar kesehatan jiwa yang  dilaksanakan pada Sabtu, 28 Oktober 2017.

Dalam rangka menjaga, mempertahankan dan meningkatkan eksistensi Fakultas Keperawatan selama empat tahun berdiri mandiri, Fakultas Keperawtaan juga mengadakan berbagai lomba seperti lomba menulis essay, press release, lomba foto di instagram dan juga video yang bertemakan penanganan kegawatdaruratan. Mahasiswa Fakultas Keperawatan sendiri sangat antusias dan tertarik dengan berbagai acara dan lomba yang diadakan dalam rangka Dies Natalis ke 4 Fkep Unsyiah.

Selain lomba dan berbagai acara, Fakultas Keperawatan juga akan mengadakan jalan santai beserta talkshow kesehatan diikuti dengan expo dan juga kegiatan donor darah. Jalan santai dan talkshow akan diadakan pada Minggu, 12 November 2017 dengan mengusung tema “Jalan Sehat Kenangan”. Panitia Dies Natalis mengambil rute melewati gedung pertanian lama dengan tujuan agar smeua peserta jalan santai dan mahasiswa Fakultas Keperawtaan merasakan atmosfer dan mengenang bahwa dahulu sebelum  gedung petronas berdiri, para alumni belajar dan mengenyam ilmu di gedung pertanian lama.

Expo dan donor darah akan digelar selama tiga hari berturut-turut dimulai dari Minggu, 12 November hingga Selasa, 14 November 2017. Expo dan donor darah akan diadakan di depan halaman Fakultas Keperawatan dan terbuka untuk umum. Selain expo dan juga donor darah, panitia juga mengadakan lomba mewarnai anti stress yang terbuka untuk mahasiswa pada Selasa, 14 November 2017.

Berbagia rangkaian acara pra Dies Natalis ini merupakan bukti bahwa Fakultas Keperawatan telah menunjukkan eksistensinya selama 4 tahun menjadi Fakultas yang berdiri sendiri. Acara puncak Dies Natalis sendiri akan di gelar dengan akbar pada Minggu, 19 November 2017 di Gedung AAC Dayan Dawood. Pada malam puncak ini akan diadakan penampilan-penampilan dari masing-masing angkatan dan juga pembagian hadiah untuk semua pemenang yang telah mengikuti lomba dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Fakultas Keperawatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *