Departemen Sosmas Adakan Desa Binaan di Desa Lambaro Sukon


Banda Aceh 2018 – Departemen Sosmas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala kembali mengadakan kegiatan Desa Binaan. Kegiatan kali ini diadakan di Desa Lambaro Sukon pada hari Minggu 22 April kemarin, tepatnya sejak pukul 15.00-16.15 WIB.

Kegiatan Desa Binaan yang dilaksanakan pada hari Minggu kemarin bertujuan untuk memberi penyuluhan mengenai hipertensi kepada masyarakat desa, agar mereka mengerti hal-hal apa saja yang harus dihindari jika mereka mempunyai riwayat penyakit hipertensi tersebut. Tidak hanya memberi penyuluhan mengenai hipertensi namun juga panitia mengajarkan senam lansia kepada masyarakat agar bisa dipraktikkan di rumah, berhubung mayoritas dari warga yang ikut berhadir dalam kegiatan tersebut adalah lansia.
Penyuluhan sendiri diberikan langsung oleh para mahasiswa Fakultas Keperawatan, yang merupakan anggota dari Departemen Sosmas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keperawatan.
Hanifa Asmawita selaku panitia pada kegiatan tersebut menyampaikan pendapatnya “Karena biasanya masyarakat desa itu kurang peduli dengan kesehatan. Kalau sudah sakit paling hanya periksa sekali, kalau ada obat juga jarang diminum, tidak tahu apa saja yang harus dihindari, paling cuma tahu yang umum-umum saja. Jadi Desa Binaan itu diadakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat desa selain untuk memberi penyuluhan tentang kesehatan, nanti kami juga akan home visit, datang ke rumah-rumah untuk mengecek langsung dan mendengarkan keluhan dari warga.”
Seperti yang Hanifa katakan, bahwasannya akan ada kegiatan lanjutan untuk Desa binaan dan kegiatan itu direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang sebelum puasa Ramadhan.
“Dan juga pastinya kegiatan ini untuk menjalin silaturrahmi melalui lomba-lomba yang rencananya akan kami selenggarakan nanti.” Tutup Hanifa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *