Deparetemen SOSMAS Adakan Desa Binaan

 

Banda Aceh 2017 – Departemen Sosial Masyarakat (SOSMAS) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan kegiatan  “Desan Binaan ” pada 14 Mei 2017  , pukul 10.00 WIB bertempat di Desa Lambaro Sukon. Desa Binaan merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Departemen SOSMAS . Kegiatan ini mengusung tema “Kesehatan dan Keselamatan kerja” dan mengundang M.Rijalul Fakhri sebagai pemateri pada kegiatan ini . Bentuk kegiatan dalam Desa Binaan yang dilakukan kali ini adalah penyuluhan  terkait keamanan dan keselamatan kerja serta cara menggunakan alat pelindung diri (APD) dan teknik meredakan nyeri menggunakan akupressure .Tujuan diadakannya penyuluhan di desa Lambaro Sukon ini adalah memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan di tempat kerja juga untuk memperbaiki kebiasaan yang kurang baik di tempat yang berpotensi membahayakan  pekerja itu sendiri .

Acara ini dibuka oleh Hanifa Asmawita selaku moderator. Penyuluhan ini diikuti oleh warga desa Lambaro Sukon yang berjumlah kurang lebih 21 orang. M.Rijalul Fakhri selaku pemateri memberikan pemaparan materi yang berisi tentang alat pelindung diri dan teknik meredakan nyeri menggunakan akupresure. Saat kegiatan berlangsung, antusias ibu-ibu dapat dilihat saat mendengarkan materi yang disampaikan dan saat sesi pertanyaan dibuka. Setelah M.Rijalul Fakhri selaku pemateri memberikan pemaparan materi dan selesai menjawab semua pertanyaan, kegiatan desa binaan ini diakhiri dengan pembagian masker untuk para ibu-ibu sebagai pelindung saat mereka bekerja di pabrik Penyuluhan ini perlu diadakan mengingat banyaknya pekerja yang tidak memperhatikan keamanan dan keselamatan saat bekerja , contohnya saja melakukan pekerjaan tanpa menggunakan sarung tangan , sepatu khusus , dan posisi yang salah dalam mengangkat beban .

Antusiasme yang besar ditunjukan oleh masyarakat selama berlangsungnya penyuluhan ini . Tidak hanya itu , pemberian simulasi terkait teknik meredakan nyeri dengan akupressure menambah semangat dan perhatian masyarakat dalam penyuluhan kali ini .

“ Penyuluhan yang dilakukan kali ini benar-benar menarik minat dan perhatian masyarakat di Desa Lambaro Sukon , karena materi penyuluhan yang diberikan berhubungan erat dengan apa yang mereka lakukan sehari-hari . Tidak hanya itu , keingintahuan yang besar dari masyarakat terkait materi keamanan dan keselamatan kerja ini juga membuat warga sangat antusiame dan terlibat aktif dalam mengikuti jalannya penyuluhan ini  “  ungkap Fazila Fitriana selaku panitia pada kegiatan Pennyuluhan Desa Binaan kali ini. [AH&SS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *