Bergerak untuk Kesehatan yang Sejahtera, GEMPAR Tutup Acara Hari Ini

Aceh Besar – Gerakan Mahasiswa Keperawatan Peduli Masyarakat (GEMPAR) 5 memasuki hari ke-3, Minggu, 22 Oktober 2017. Baktisosial yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ini bertempat di Desa Lamtamot Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar, dan diikuti leh 212 orang panitia dan peserta dari angkatan 2015-2017.

Kegiatan GEMPAR kelima ini berlangsung selama tiga hari yakni pada tanggal 20-22 Oktober 2017.

Dengan mengangkat tema “Meugrak: Mahasiswa Keperawatan Unsyiah Bergerak untuk Kesehatan yang Sejahtera”, GEMPAR 5 membawa beberapa acara yang dilaksanakan bersama masyarakat. Pada hari pertama, yakni hari Jumat, 20 Oktober 2017, peserta melakukan serangkaian kegiatan penyuluhan di beberapa tingkat usia antara lain penyuluhan tingkat SD, SMP, SMA serta penyuluhan lansia.

Materi yang diberika pada penyuluhan tingkat SD yaitu mengenai perawatan luka sederhana dengan P3K dan bullying serta demonstrasi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Materi perawatan luka diberikan langsung oleh Teuku Samsul Bahri,S.Kp, MNSc selaku Dosen FKep Unsyiah, sedangkan materi bullying diberikan oleh mahasiswa. Acara ini dilaksanakan di MIN Lamtamot.

Penyuluhan tingkat SMP berlangsung di SMPN 3 Lembah Seulawah dengan materi kebencanaan dan simulasi drill bencana. Materi ini disampaikan oleh Ihwan Julmi selaku Wakil Ketua PW. Pemuda Muhammadiyah Aceh bidang KOKAM SAR Aceh. Penyuluhan tingkat SMA dengan materi bahaya narkoba dan forum group discussion (FGD) yang membahas tentang visi da misi siswa mengenai masa depan bebas narkoba disampaikan oleh Ns. Rosdiana S.Km., S.Kep dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh. Penyuluhan ini dilangsungkan di SMAN 1 Lembah Seulawah.

Selain penyuluhan pada siswa sekolah, peserta juga malaksanakan penyuluhan di tingkat lansia dengan tiga materi mengenai penyakit yang sering diderita oleh lansia yaitu materi tentang hipertensi, reumatik, dan diabetes mellitus. Materi diisi langsung oleh Mahasiswa FKep Unsyiah dan didampingi oleh Ns. Cut Husna, MNS., selaku dosen pendamping dan dr. Laila, selaku dokter di puskesmas Sare, Aceh Besar. Dalam penyuluhan kali ini, peserta juga mengajak warga melakukan senam lansia.

Selanjutnya, peserta juga melangsungkan kegiatan home visit ke rumah warga di Dusub Chot dan Dusun Lapang Desa Lamtamot Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh besar. Dalam kegiaan home visit, peserta melakukan edukasi terkait dengan penyaki yang sering diderita oleh masyarakat seperti diabetes mellitus, asam urat, reumatik, maag dan lain-lain. Selain itu peserta juga melakukan pemeriksaan tekanan darah. Acara terakhir di hari pertama kegiatan GEMPAR 5 yaitu lomba adzan dan tahfiz jus ‘amma dengan peserta lomba dari anak-anak Desa Lamtamot.

Selanjutnya, pada hari kedua kegiatan GEMPAR 5, yakni hari Sabtu, 21 Oktober 2017, peserta melaksanakan acara pengobatan massal yang berlokasi di Dusun Panca Desa Lamtamot Kecamatan Lembah Seulawah. Pada kegiatan pengobatan massal ini peserta didampingi oleh dokter dari Puskesmas Sare dan dosen pendamping dari FKep Unsyiah. Sebanyak 142 orang warga dari Dusun Panca yang mengikuti acara pengobatan massal ini mendapat beberapa tes kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan glukosa dan juga mendapatkan obat gratis.

Di hari kedua kegiatan GEMPAR 5, peserta juga mengadakn beberapa perlombaan, yakni Lomba Balita Sehat (LBS) yang dilaksanakan di Puskesmas Pembantu (PUSTU) Desa Lamtamot. Peserta yang mengikuti perlombaan ini adalah ibu-ibu yang memiliki anak usia dibawah lima tahun. Perlombaan kedua yaitu lomba rumah bersih dan sehat yang dikuti oleh warga Dusun Pekan Desa Lamtamot. Selain itu peserta juga melaksanakan lomba menu sehat.

Selain perlombaan, peserta juga membuka pos-pos untuk penyuluhan kepada masyarakat yang disampaikan oleh Dosen Fakultas Keperawatan Unsyiah. Penyuluhan pertama yaitu penyuluhan penyuluhan bumil dan demonstrasi pijat bay yang diisi oleh Ns. Darmawati M.Kep., Sp. Mat. penyuluhan kedua yaitu penyuluhan tuberculosis yang disampaikan oleh Ns. Cut Husna, MNS.

Memasuki hari ketiga kegiatan GEMPAR 5 peserta menyisakan dua acara terakhir yakni gotongroyong membersihkan area MIN Lamtamot, dan masjid. Acara kedua yaitu penanaman tanaman obat yang akan ditaman di sekitar area Puskesmas Pembantu Desa Lamtamot. Kegiatan GEMPAR 5 akan ditutup pada pukul 11.00 WIB di Lapangan Desa Lamtamot.

Laila ,selaku dokter di puskesmas Sare, menghimbau agar warga di Desa Lamtamot mau bergerak menuju kesehatam masyarakat yang lebih baik.

“Adik-adik mahasiswa ini jauh-jauh datang dari Banda Aceh untuk bersilaturahmi dengan kita, mengajak kita berubah, bergerak agar kesehatan kita, masyarakat Desa Lamtamot lebih baik. Jadi mari kita juga harus bergerak bersama-sama,” himbaunya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *