BEM FKEP Unsyiah Gelar Aksi Donor Darah Untuk Memperingati Hari Thalasemia Sedunia

Banda Aceh – 2017

BEM Fkep Unsyiah menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan hari Thalasemia sedunia. Kegiatan donor darah dilakukan di rumah sakit umum dzainal abidin (RSUDZA), senin 8 Mei 2017 bekerjasama dengan bidang Instalasi Transfusi Darah (ITD) RSUDZA Banda Aceh.

Rozana Pusra sebagai ketua panitia aksi donor darah mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan program rutin yang diadakan oleh BEM Fkep setiap tahunnya. Program ini merupakan tahun ke – 4 yang telah dilaksanakan oleh BEM Fkep unsyiah dan diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan  untuk memperingati hari thalasemia sedunia.

“Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial mahasiswa fkep dan masyarakat umum kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberi manfaat serta membantu pihak-pihak yang membutuhkannya,” urainya.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh BEM Fkep ini setidaknya ada sekitar 91 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum yang ada dilingkungan RSUDZA.

“dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos untuk mendonor yaitu sekitar 76 peserta serta sebagian kecil yang tidak lolos yaitu sekitar 15 peserta karena mengalami tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat,”jelas Rozana Pusra sebagai ketua panitia aksi donor darah.

Kegiatan aksi donor darah ini berlangsung sekitar pukul 08.30 WIB hingga 18.30 Wib dengan pendonor pertama diberikan oleh panitia pelaksana kegiatan tersebut.

Sementara itu, aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari kalangan mahasiswa keperawatan. Salah satunya Muzar Hafni, mahasiswa prodi ilmu keperawatan FKEP Unsyiah yang baru pertama kali melakukan donor darah. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para relawan dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain.

Harapan seluruh panitia semoga dengan adanya aksi donor darah ini akan lebih banyak lagi partisipasi pendonor khususnya, mahasiswa fakultas keperawatan dan seluruh mahasiswa yang ada dilingkungan Unsyiah, agar dengan darah yang kita donorkan bisa lebih membantu saudara-saudara kita yang membutuhkannya.[MH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *